Revolusi Iklan Digital Out-of-Home di Singapura dan Potensinya untuk Indonesia

Iklan Digital Out-of-Home (DOOH) telah mengalami perkembangan pesat di berbagai negara, termasuk Arab Saudi, Jepang, China dan Singapura, didorong oleh teknologi canggih dan analitik data real-time.

revolusi iklan digital ooh billboard

Menilik balik artikel kami sebelumnya disini. Kali ini kita akan membahas bagaimana revolusi Digital Out of Home atau DOOH berkembang di negara-negara lain di Asia, khususnya di tetangga jiran Indonesia, Singapura.

Revolusi Iklan Digital Out-of-Home di Saudi, Jepang, dan China

Iklan Digital Out-of-Home (DOOH) telah mengalami perkembangan pesat di berbagai negara, termasuk Arab Saudi, Jepang, dan China. Arab Saudi, dengan inisiatif Vision 2030, mendorong transformasi besar-besaran dalam iklan luar ruang melalui digitalisasi. Proyek ini meningkatkan penggunaan billboard digital yang dilengkapi dengan teknologi canggih dan analitik data real-time, meningkatkan efektivitas dan kepercayaan terhadap iklan DOOH​ (The Current)​.

Jepang juga menunjukkan tren positif dalam adopsi teknologi DOOH, terutama di kota-kota besar seperti Tokyo. Billboard digital ditempatkan di stasiun kereta dan pusat perbelanjaan, menampilkan iklan dinamis dan interaktif yang dapat menargetkan audiens dengan lebih tepat berdasarkan data demografis dan perilaku konsumen​ (Mordor Intelligence)​.

Di China, pertumbuhan pesat infrastruktur digital dan peningkatan jumlah layar digital di berbagai lokasi strategis mendorong pertumbuhan pasar iklan DOOH. Teknologi programatik dan analitik data canggih memungkinkan pengiklan mengukur efektivitas kampanye secara real-time dan menyesuaikan konten iklan sesuai kebutuhan​ (Mordor Intelligence)​.

Revolusi Iklan Digital Out-of-Home di Singapura dan Potensinya untuk Indonesia

Iklan Digital Out-of-Home (DOOH) di Singapura

Singapura telah menjadi pelopor dalam adopsi teknologi Digital Out-of-Home (DOOH) yang revolusioner. JCDecaux, salah satu pemain utama di industri ini, telah meluncurkan perdagangan programatik untuk 50 layar digital di Bandara Changi. Teknologi ini memungkinkan pengiklan untuk menghubungkan iklan mereka dengan audiens yang tepat melalui platform supply-side global VIOOH, menghasilkan 120 juta tayangan bulanan di seluruh 191 layar digital di seluruh pulau​ (Mordor Intelligence)​​ (Mordor Intelligence)​.

Keunggulan DOOH di Singapura terletak pada kemampuannya untuk menampilkan konten secara real-time yang dapat disesuaikan berdasarkan data demografis dan perilaku audiens. Ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan tetapi juga memungkinkan pengiklan untuk mengukur efektivitas kampanye mereka secara lebih akurat. Dengan adanya teknologi ini, iklan dapat diubah secara dinamis sesuai dengan waktu, lokasi, bahkan kondisi cuaca, memberikan fleksibilitas yang belum pernah ada sebelumnya​ (IMARC)​​ (AdTech+)​.

Perbandingan dengan Indonesia

Di Indonesia, pasar DOOH masih dalam tahap perkembangan awal. Meskipun ada beberapa layar digital di pusat perbelanjaan dan hub transit, adopsi teknologi programatik dan analitik data belum secepat di Singapura. Infrastruktur digital dan proyek smart city yang sedang berkembang dapat menjadi pendorong utama pertumbuhan DOOH di masa depan, namun saat ini, implementasi teknologi canggih seperti di Singapura masih terbatas​ (Mordor Intelligence)​​ (Mordor Intelligence)​.

Dampak Potensial Implementasi DOOH di Indonesia

Jika Indonesia mengadopsi teknologi DOOH seperti yang ada di Singapura, ada beberapa dampak potensial yang dapat terjadi:

  1. Peningkatan Efektivitas Iklan: Dengan kemampuan untuk menargetkan audiens secara lebih tepat dan menampilkan konten yang relevan secara real-time, iklan di Indonesia dapat menjadi lebih efektif. Ini akan meningkatkan return on investment (ROI) bagi pengiklan dan memperkuat posisi iklan luar ruang sebagai media yang penting.
  2. Pengukuran Kinerja yang Lebih Baik: Penggunaan analitik data dan teknologi programatik akan memungkinkan pengiklan untuk mengukur keterlibatan dan efektivitas kampanye secara lebih akurat. Ini akan membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik dan pengalokasian anggaran iklan yang lebih efisien.
  3. Pengalaman Konsumen yang Lebih Baik: Iklan yang dinamis dan interaktif dapat meningkatkan pengalaman konsumen, membuat iklan lebih menarik dan tidak mengganggu. Penggunaan teknologi seperti QR codes dan interaksi layar sentuh dapat meningkatkan interaksi langsung dengan konsumen.
  4. Pertumbuhan Industri Periklanan: Adopsi teknologi canggih ini dapat mendorong pertumbuhan industri periklanan di Indonesia, membuka peluang baru bagi perusahaan media dan teknologi lokal untuk berinovasi dan berkembang​ (Mordor Intelligence)​​ (IMARC)​.

Singapura telah menunjukkan bagaimana teknologi DOOH dapat mengubah lanskap periklanan luar ruang menjadi lebih dinamis dan efektif. Dengan infrastruktur yang tepat dan investasi dalam teknologi, Indonesia dapat mengikuti jejak Singapura dan merasakan manfaat dari revolusi iklan digital ini.

Hubungi GKI untuk Membantu Bisnis Anda

Perkuat kredibilitas dan visibilitas bisnis Anda dengan jasa peliputan media nasional, advertorial maupun press release dari GKI. Kami menawarkan layanan peliputan yang menyeluruh dan terintegrasi, memastikan setiap kisah sukses bisnis Anda diangkat dan disebarluaskan oleh media-media terkemuka di Indonesia dan mendapatkan eksposur yang tepat.

GKI tidak hanya membantu Anda memilih vendor yang tepat untuk kebutuhan iklan Anda, tetapi juga membantu mengatur strategi penggunaan billboard, baik tradisional maupun digital, sehingga kampanye Anda bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Kami juga membantu mengoptimalkan kombinasi antara billboard dan media digital untuk mencapai hasil terbaik.

Keunggulan Billboard Digital:

  • Kreativitas Tanpa Batas: Mendukung video, animasi, dan konten interaktif.
  • Pengukuran Real-time: Data analitik untuk mengevaluasi efektivitas kampanye (Tergantung Vendor).
  • Fleksibilitas Tinggi: Konten dapat diubah sesuai kebutuhan dan waktu.

Keunggulan Media Digital:

  • Targeting Spesifik: Menggunakan data untuk menargetkan audiens berdasarkan demografi, lokasi, dan perilaku.
  • Pengukuran Efektif: ROI dan ROAS dapat diukur dengan akurat melalui analitik.
  • Interaksi Langsung: Meningkatkan keterlibatan audiens melalui berbagai format seperti iklan display, video, media sosial, dan email marketing.

Jangan biarkan pesaing Anda mengambil alih pangsa pasar hanya karena mereka lebih dikenal di masyarakat. Layanan dari GKI memastikan visibilitas brand dan produk Anda dapat tersebar ke pelosok Indonesia.

Hubungi kami sekarang untuk konsultasi gratis. Tim ahli kami siap membantu Anda mengidentifikasi kebutuhan spesifik dan menawarkan solusi terbaik yang disesuaikan untuk bisnis Anda. GKI juga menyediakan paket khusus untuk UMKM dengan harga yang kompetitif, memungkinkan Anda menikmati manfaat maksimal dari liputan media nasional tanpa perlu khawatir tentang biaya.

Jangan tunda kesempatan untuk membawa bisnis Anda ke level berikutnya. Kunjungi www.gki.co.id atau hubungi kami melalui WhatsApp disini, untuk mendapatkan penawaran eksklusif dan informasi lebih lanjut tentang bagaimana bagaimana GKI dapat mendukung pertumbuhan bisnis Anda.

Dengan GKI, pastikan setiap cerita sukses Anda didengar oleh audiens yang tepat, dan bagaimana brand Anda mendapatkan pengakuan publik dan kepercayaan yang lebih luas. Investasikan dalam jasa dan layanan kami dan raih eksposur yang lebih besar serta kesuksesan jangka panjang.

Marketing Digital Marketing SEO
Previous reading
Programmatic Advertising: Cara Kerja, Anggaran, Efektivitas, dan Manfaat bagi Brand
Next reading
Efektivitas Iklan Out-of-Home di Indonesia: Perbandingan Antara Billboard Tradisional dan Digital
//
👋 Halo! Silakan bertanya kepada kami. Kami siap membantu Anda.
👋 Hi, Kami sedang online Biasanya membalas dalam beberapa menit