Analisis Penyelarasan Pers Rilis dan Advertorial (Bagian 2)

Pada bagian 2 dari seri ini kita akan membedah bagaimana penyelarasan antara artikel pers rilis dan advertorial dilakukan untuk mendukung tema yang sudah ditentukan oleh klien.

analisa penyelarasan pers rilis dan advertorial Image by ijeab on Freepik

analisa dan komparasi pers rilis dan advertorial Image by benzoix on FreepikMenonjolkan cerita brand Anda dengan kreasi pers rilis dan advertorial yang profesional sangat penting untuk mendorong visibilitas dan kredibilitas brand Anda di pasar yang kompetitif. Pada bagian kedua dari seri dua artikel ini, kita akan mendalami bagaimana setiap bagian dari pers rilis dan advertorial PT. Maju Bersama diselaraskan untuk mencapai tujuan yang berbeda namun saling melengkapi. Pada bagian 2 dari seri ini kita akan membedah bagaimana penyelarasan dilakukan untuk mendukung tema yang diinginkan oleh klien. Bagian satu dimana artikel pers rilis dan advertorial dibuat dapat di kunjungi di link ini.

Disclaimer: Nama perusahaan, tokoh, produk adalah fiktif, penekanan dari artikel ini adalah untuk memberikan contoh bagaimana cara GKI bekerja. Cerita yang dibuat berdasarkan contoh nyata klien kami yang dimana kami menyamarkan nama perusahaan, tokoh, dan produk agar fokus artikel bukanlah pada perusahaan dan produk mereka tetapi pada bagaimana penyelarasan dilakukan. kami berharap seri ini dapan memberikan nilai edukasi serta mengekspos bagaimana cara GKI beroperasi secara profesional.

Pendahuluan dan Tujuan

  • Pers Rilis: Diawali dengan informasi formal tentang peluncuran aplikasi “FinManage,” bertujuan untuk memberitahukan media dan stakeholders tentang inovasi terbaru PT. Maju Bersama.Contoh: “Jakarta, Indonesia – PT. Maju Bersama hari ini mengumumkan peluncuran aplikasi manajemen keuangan baru yang dirancang khusus untuk mendukung UMKM di Indonesia.”
  • Advertorial: Menggunakan pendekatan yang lebih naratif untuk menarik pembaca, menggali lebih dalam ke dalam cerita di balik pembuatan “FinManage” dan dampaknya terhadap UMKM.Contoh: “Dalam iklim ekonomi yang dinamis, PT. Maju Bersama memperkenalkan FinManage, sebuah revolusi dalam pengelolaan keuangan UMKM yang membuat bisnis tidak hanya bertahan tapi berkembang.”
  • Analisis: Pers rilis mengatur panggung dengan fakta dan pengumuman penting, sementara advertorial membangun atas informasi ini dengan menghubungkan produk dengan kebutuhan dan emosi konsumen, menunjukkan implementasi praktis dan manfaat langsung.

Deskripsi Produk dan Manfaat

  • Pers Rilis: Menyediakan detail teknis dan fokus pada fitur produk yang menunjukkan inovasi dan kegunaan.Contoh: “FinManage mengintegrasikan fitur-fitur canggih seperti pencatatan keuangan otomatis, analisis pendapatan dan pengeluaran, serta proyeksi keuangan yang membantu pemilik usaha membuat keputusan bisnis yang lebih informasi.”
  • Advertorial: Menggali lebih dalam ke dalam kehidupan pengguna, menunjukkan bagaimana fitur-fitur tersebut membantu dalam aktivitas sehari-hari mereka.Contoh: “Bapak Dodi, pemilik warung kopi di Yogyakarta, berbagi bagaimana FinManage telah mengubah cara dia mengelola keuangan: ‘Saya bisa melihat ke mana perginya setiap rupiah dan apa yang harus saya lakukan untuk meningkatkan keuntungan.'”
  • Analisis: Kedua pendekatan bersinergi untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang produk, dengan pers rilis yang menetapkan kredibilitas teknis dan advertorial yang mengilustrasikan aplikasi dan manfaat nyata dalam situasi kehidupan nyata.

Kutipan dan Tanggapan Pengguna

  • Pers Rilis: Kutipan dari CEO yang menekankan visi perusahaan dan nilai produk, memberikan perspektif eksekutif yang menambah legitimasi.Contoh: “Kami di PT. Maju Bersama percaya bahwa teknologi harus accessible dan memberikan manfaat nyata bagi penggunanya,” kata Bapak Andi Setiawan, CEO PT. Maju Bersama.
  • Advertorial: Menampilkan testimonial dari pengguna yang memperkuat dan memvalidasi klaim produk dari perspektif pelanggan.Contoh: “‘Fitur analisis keuangan membantu saya mengidentifikasi area di mana saya bisa menghemat biaya dan meningkatkan profit,’ kata Bapak Riko, pemilik usaha kecil di Bandung.”
  • Analisis: Pers rilis memberikan wibawa dan pandangan makro, sedangkan advertorial menawarkan konfirmasi mikro dan pribadi tentang manfaat produk, membantu pembaca memvisualisasikan penggunaan produk dalam kehidupan mereka sendiri.

Ekspektasi dan Analisis KPI dari Penyelarasan Pers Rilis dan Advertorial

  • Ekspektasi dari Kampanye
    • Meningkatkan Kesadaran Merek: Kedua dokumen bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap PT. Maju Bersama dan aplikasi FinManage di kalangan UMKM.
    • Mendorong Pengunduhan Aplikasi: Melalui informasi dan narasi yang menarik di kedua platform, kampanye diharapkan dapat mendorong target audiens untuk mengunduh dan menggunakan FinManage.
    • Membangun Kredibilitas dan Kepercayaan: Pers rilis menargetkan media dan investor potensial untuk membangun kredibilitas, sementara advertorial fokus pada pembangunan kepercayaan dengan konsumen.
  • KPI yang Ditetapkan
    • Jumlah Penerbitan dan Sebaran Pers Rilis: Mengukur berapa banyak outlet yang mempublikasikan atau menyiarkan pers rilis, serta sebarannya di media digital dan tradisional.
    • Tingkat Interaksi dan Respons pada Advertorial: Analisis metrik seperti waktu rata-rata yang dihabiskan pada halaman, tingkat klik, dan komentar atau interaksi di media sosial.
    • Konversi dari Advertorial: Mengukur jumlah pengunduhan aplikasi atau pendaftaran yang dapat ditelusuri kembali ke advertorial.
    • Peningkatan Traffic Website: Memantau peningkatan kunjungan ke situs web PT. Maju Bersama pasca-publikasi pers rilis dan advertorial.
    • Feedback dan Testimoni Pengguna: Pengumpulan dan analisis feedback pengguna mengenai aplikasi setelah kampanye, yang menunjukkan penerimaan pasar dan kepuasan pelanggan.
  • Analisis
    • Penilaian Efektivitas: Membandingkan data sebelum dan sesudah kampanye untuk menilai pencapaian terhadap KPI yang ditetapkan.
    • Strategi Penyesuaian: Identifikasi apa yang berfungsi dengan baik dan area yang memerlukan peningkatan atau penyesuaian strategi. Misalnya, jika konversi dari advertorial tidak mencapai target, mungkin perlu dilakukan penyesuaian pada pesan atau penawaran dalam iklan.
    • Laporan dan Evaluasi: Membuat laporan terperinci yang mencakup semua metrik dan KPI, serta memberikan rekomendasi untuk kampanye masa depan berdasarkan hasil dan belajar dari kampanye saat ini.

Memulai Layanan dengan Kami

Untuk mendapatkan layanan personal, hubungi kami untuk konsultasi. Kami akan menggali kebutuhan spesifik Anda dan menyesuaikan layanan kami untuk memberikan hasil terbaik.

Jangan tunda kesempatan untuk meningkatkan presence media dan kredibilitas bisnis Anda. Hubungi GKI hari ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang Layanan Pers Rilis dan Jasa Advertorial kami. Kunjungi www.gki.co.id atau hubungi kami via Whatsapp disini.

GKI ada untuk memastikan pesan Anda tersampaikan dengan efektif. Bersama GKI, publikasikan pesan anda ke audiens yang tepat. Mari berinvestasi dalam Layanan Pers Rilis dan Jasa Advertorial kami, mari melangkah bersama menuju eksposur yang lebih besar dan tingkat kesuksesan jangka panjang.

Dengan Layanan Pers Rilis dan Jasa Advertorial dari GKI, Anda tidak hanya menyampaikan cerita; Anda membangun masa depan brand Anda. Bergabunglah dengan banyak klien kami yang telah melihat transformasi nyata dalam peningkatan dan engagement brand mereka.

Digital Communication Digital Marketing
Previous reading
Analisa Press Release: Peluncuran Iphone di 2007, Modernisasi Teknologi Ponsel Pintar
Next reading
Tingkatkan Brand Anda dengan Kreasi Pers Rilis dan Advertorial Profesional dari GKI (Bagian 1)
//
👋 Halo! Silakan bertanya kepada kami. Kami siap membantu Anda.
👋 Hi, Kami sedang online Biasanya membalas dalam beberapa menit