Apa Itu Public Relation dan tugasnya?

Public relation

Public relations (PR) adalah sebuah strategi komunikasi yang digunakan oleh perusahaan, organisasi, atau individu untuk membangun dan memelihara hubungan yang baik dengan masyarakat. Tujuan utama dari PR adalah untuk mempromosikan citra positif perusahaan, organisasi, atau individu yang bersangkutan di mata masyarakat.

PR juga dapat digunakan untuk menjaga hubungan yang baik dengan media, serta mengelola komunikasi dengan masyarakat luas. PR juga dapat digunakan untuk memperkuat hubungan dengan stakeholders, seperti investor, karyawan, atau pemasok.

PR biasanya dilakukan dengan menggunakan berbagai cara, seperti memberikan konferensi pers, mengelola hubungan dengan media, menyelenggarakan acara-acara, atau mengelola situs web dan media sosial perusahaan. PR juga bisa dilakukan dengan menggunakan teknik-teknik persuasi dan pengaruh, seperti memberikan informasi yang dianggap penting oleh masyarakat atau menyelenggarakan acara-acara yang menarik perhatian masyarakat.

Pengertian Public relation

Public relation merupakan salah satu fungsi yang ada dalam manajemen yang bertindak sebagai perantara antara perusahaan atau organisasi dengan publiknya. Public relation adalah untuk membantu sebuah perusahaan, organisasi atau institusi untuk bekerja sama dengan baik.

Dengan adanya public relation ini dapat tercipta hubungan komunikasi yang baik yang dapat menguntungkan pihak-pihak yang berkomunikasi. Tanpa keterlibatan public relation yang baik, organisasi atau perusahaan tidak dapat bertahan lama atau tidak dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, peran public relation sangat penting dan harus benar-benar menjadi perhatian.

Definisi Public Relation

Definisi umum dari public relation adalah interaksi yang dilakukan oleh dua pihak yang kemudian akan menciptakan keuntungan bagi kedua belah pihak yang terlibat. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kepublic relationan ini, seperti membentuk harapan dan harapan yang baik, rasa percaya satu sama lain, dan juga akan memotivasi untuk dapat berpartisipasi dalam hubungan masyarakat.

Public relation

Public relation adalah suatu usaha yang dilakukan secara individu atau kelompok dan dilakukan secara teratur dan terencana untuk membangun dan memelihara hubungan timbal balik antara suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang terkait dengan lembaga tersebut.

Dengan kata lain, public relation adalah suatu proses, tindakan atau kegiatan yang dilakukan secara teratur dengan tujuan untuk menjalin komunikasi antara perusahaan dengan pihak eksternal yang masih terkait dengan perusahaan. Misalnya, klien, mitra bisnis, pelanggan, investor dan sebagainya.

Arti Public Relation

Public relation adalah interaksi yang dapat menghasilkan opini publik sebagai masukan yang bermanfaat bagi pihak-pihak yang terlibat dan public relation merupakan profesi profesional di bidangnya. Ada juga yang mengatakan bahwa public relation adalah suatu bentuk komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan untuk menciptakan citra publik yang baik dengan mengadakan kegiatan-kegiatan baru yang bermanfaat dan menarik bagi perusahaan lain atau orang-orang yang berkepentingan dengan bisnis perusahaan anda.

Fungsi public relation

Hal ini menunjukkan bahwa tugas public relation dan fungsi public relation sangat penting bagi keberhasilan perusahaan. Lalu, apa fungsi public relation menurut para ahli? Fungsi public relation menurut Rosady Ruslan adalah menciptakan citra perusahaan yang baik dan positif bagi publik eksternal, masyarakat dan konsumen.

Menurut Jefkins public relation ini berfungsi agar dapat meningkatkan suatu kemampuan serta ketahanan perusahaan dari persaingan dengan kompetitor lain. Dari penjelasan tersebut, Jefkins juga berpendapat bahwa ruang lingkup public relation sangat luas.

Cara Agar Dapat Memaksimalkan Fungsi Public Relation

Pada artikel kali ini, akan dibahas bagaimana sebuah perusahaan dapat memaksimalkan fungsi public relation yang ada sehingga citra positif perusahaan akan semakin tersebar luas di antara perusahaan lain, maupun di kalangan non-perusahaan sekalipun. Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk meningkatkan fungsi public relation adalah memahami dasar-dasar public relation.

Public relation adalah suatu usaha yang dilakukan secara individu atau kelompok dan dilakukan secara teratur dan terencana untuk membangun dan memelihara hubungan timbal balik antara suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang terkait dengan lembaga tersebut.

Dengan kata lain, public relation adalah suatu proses, tindakan atau kegiatan yang dilakukan secara teratur dengan tujuan untuk menjalin komunikasi antara perusahaan dengan pihak eksternal yang masih terkait dengan perusahaan. Misalnya, klien, mitra bisnis, pelanggan, investor dan sebagainya.

Apa pengertian public relation menurut para ahli? Menurut Maria, public relation adalah interaksi yang dapat menghasilkan opini publik sebagai masukan yang bermanfaat bagi pihak-pihak yang terlibat dan public relation merupakan profesi profesional di bidangnya.

Sedangkan menurut Jefkins, public relation adalah suatu bentuk komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan untuk menciptakan citra publik yang baik dengan mengadakan kegiatan-kegiatan baru yang bermanfaat dan menarik bagi perusahaan lain atau orang-orang yang berkepentingan dengan bisnis perusahaan anda.

Hal ini menunjukkan bahwa tugas public relation dan fungsi public relation sangat penting bagi keberhasilan perusahaan. Lalu, apa fungsi public relation menurut para ahli? Fungsi public relation menurut Rosady Ruslan adalah menciptakan citra perusahaan yang baik dan positif bagi publik eksternal, masyarakat dan konsumen.

Namun, menurut Jefkins public relation itu memiliki fungsi agar dapat meningkatkan kemampuan dan ketahanan perusahaan melalui suatu persaingan dari kompetitor lain. Dari penjelasan tersebut, Jefkins juga berpendapat bahwa ruang lingkup public relation sangat luas.

Cara Memaksimalkan Fungsi Public relation

Pada artikel kali ini, akan dibahas bagaimana sebuah perusahaan dapat memaksimalkan fungsi public relation yang ada sehingga citra positif perusahaan akan semakin tersebar luas di antara perusahaan lain, maupun di kalangan non-perusahaan sekalipun. Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk meningkatkan fungsi public relation adalah memahami dasar-dasar public relation.

Definisi Public relation Menurut Para Ahli

Menurut Crystallizing Public Relations adalah suatu proses interaksi dimana public relation menciptakan opini publik sebagai masukan yang menguntungkan kedua belah pihak, dan menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik, bertujuan untuk menanamkan niat baik, kepercayaan saling pengertian, dan citra yang baik dari publik.

Menurut Widjaja,2001 : Opini Publik menyatakan bahwa public relation adalah profesi yang berhubungan dengan hubungan antara perusahaan dan publiknya yang menentukan kehidupan perusahaan.

Menurut John E.Marston : Public relation adalah fungsi manajemen khusus yang mendukung terbentuknya saling pengertian dalam komunikasi, pemahaman, penerimaan dan kerjasama antara suatu organisasi dengan publiknya.

Menurut Robert T.Relly: PR adalah seni dan ilmu sosial dalam menganalisis tren, memprediksi konsekuensinya, menasihati pemimpin organisasi, dan menerapkan tindakan terencana yang melayani kepentingan organisasi dan publik. Dan Menurut IPRA: Public relation merupakan kegiatan saling pengertian untuk mendapatkan sisi positif atau citra yang baik dari masyarakat.

Menurut IPR atau Lembaga Public relation: PR adalah praktik kepublic relationan yang dilakukan secara terencana dan berkesinambungan (continuous) dalam rangka menciptakan dan memelihara itikad baik (goodwill), serta sikap saling pengertian yang bersifat timbal balik (mutual understanding) antara suatu organisasi atau perusahaan dengan seluruh penontonnya. Menurut Sukandel (1990) dan Ardianto (II004) metode komunikasi untuk menciptakan citra positif mitra kelembagaan atas dasar kesadaran untuk menghormati kepentingan bersama.

Mengenal Public Relation: Tugas, Skill, dan Gajinya!

07fb0c4bf121476ea20fb

Memiliki public relation adalah kewajiban perusahaan modern yang berhubungan dengan masyarakat luas. Public relation, atau biasa disebut PR, merupakan kepanjangan tangan dari perusahaan atau organisasi dalam aspek komunikasi. Bahkan baik buruknya citra perusahaan juga bisa terlihat dari kecakapan PR yang dimiliki.

Apa Itu Public Relation?

Public relation adalah seorang individu yang bergerak dalam tim dengan tugas utama mengelola informasi dan komunikasi perusahaan ke khalayak publik.

Dengan kata lain, PR juga punya tanggung jawab untuk mengelola hubungan yang terbentuk antara perusahaan dan publik.

Dalam padanan kata yang lebih sederhana, public relation sering diidentikkan dengan hubungan masyarakat (humas) yang umum dipakai di berbagai organisasi di tanah air. Tapi fungsi utamanya tetap sebagai media penyampai informasi ke publik.

PR akan berkomunikasi secara aktif dengan publik, klien, dan pemangku kepentingan lain sebagai perwakilan dari perusahaan atau organisasi. Dari pengertian tersebut, terdapat satu aktivitas penting berupa menjaga reputasi bisnis. Media yang digunakan untuk berkomunikasi sangat beragam, bisa berupa online dan offline. Bahkan untuk beberapa perusahaan, PR juga dituntut membuat riset untuk mengetahui apa yang menjadi ekspektasi dan tuntutan dari publik.

Perbedaan Public Relation dengan Humas

Public relation seringkali dikaitkan dengan Humas. Hal ini memanglah hampir sama dalam artiannya, namun ada beberapa hal yang membedakan public relation dengan humas yang perlu Anda ketahui.

Pada dasarnya, Humas dan Public Relation memiliki suatu persamaan, yaitu keduanya sama-sama membangun komunikasi dua arah antara masyarakat.

Namun, terdapat perbedaan yang mendasar antara Humas dan Public Relation, yaitu dimana Humas memiliki ruang lingkup terbatas, sedangkan Public Relation memiliki ruang lingkup yang lebih luas karena di dalam suatu perusahaan, peran Humas hanyalah sebagai pembantu dan tidak mempunyai ruang khusus untuk berkembang.

Humas dalam suatu perusahaan hanya memiliki tugas untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat.

Sedangkan Public Relation sangat berperan aktif baik dalam urusan internal maupun urusan eksternal, yaitu untuk membantu relasi dengan masyarakat luas. Public Relation dalam suatu perusahaan mempunyai ruang gerak yang luas untuk perusahaan menjadi lebih mudah untuk berkembang.

Mengapa Perusahaan Butuh Public Relation

Setelah mengenali pengertian dan juga hal mendasar seputar public relation, hal ini pastinya merujuk kepada mengapa perusahaan membutuhkan hal yang satu ini.

Berikut ini adalah ulasan mengenai mengapa perusahaan membutuhkan public relation.

Membantu Mengelola Reputasi

PR membantu mengelola reputasi. Sebagai contoh, dalam perjalanan bisnis Anda, Anda akan menghadapi situasi yang mengerikan seperti iklan yang salah atau pelanggan yang tidak puas menyerang media sosial tentang seberapa buruk produk Anda.

Di saat seperti ini, koneksi media dapat membantu Anda memperbaiki masalah tersebut melalui pers sederhana.

Promosikan Citra Perusahaan

Dalam industri apa pun, kepercayaan memainkan peran penting dalam menentukan apakah bisnis akan berhasil atau tidak. Kurangnya kepercayaan juga dapat menyebabkan menurunnya penjualan.

Namun, ketika perusahaan memiliki seseorang yang bertugas dalam Public Relation, PR akan bekerja dan meningkatkan kredibilitas dengan meningkatkan reputasi perusahaan melalui pemikiran, influencer, dan strategi koneksi.

Dengan bantuan PR, Anda dapat mengirim pesan positif kepada audiens Anda yang sejalan dengan citra perusahaan Anda dengan menggunakan ide-ide yang lebih positif.

Memperkuat Hubungan Masyarakat

Public Relation juga dapat memperkuat hubungan masyarakat. Ketika Anda membuat koneksi baru, berarti Anda sedang membangun hubungan dengan pasar serta menyumbangkan waktu untuk tujuan apa pun yang terkait dengan bisnis Anda. Menjadi anggota komunitas yang aktif meningkatkan keandalan Anda.

PR yang hebat dapat membangun hubungan yang berkelanjutan dengan banyak kontributor penting dan mengetahui bagaimana bisnis Anda dapat menjadi sumber yang sangat baik bagi orang-orang lainnya.

Tugas Pokok Public Relation

Public relation saat ini tak hanya menjadi jembatan komunikasi antara perusahaan dan publik. Dengan perkembangan industri saat ini, tugas public relation cenderung mengalami penambahan.

Contoh kecil, jika dulu PR hanya bertugas menyampaikan informasi, kini tugas tersebut ditambah dengan membuat susunan informasi, menyelenggarakan event, mengelola konferensi, dan lainnya seperti:

  1. Merencanakan dan membuat press release, termasuk menyiapkan pernyataan atau pidato, serta membuat audio visual untuk materi yang akan disampaikan;
  2. Memonitor aktivitas kompetitor bisnis, membangun identitas brand dan kesadaran publik tentang perusahaan;
  3. Mengelola reputasi perusahaan dengan membuat program manajemen krisis dan membuat riset tentang sentimen publik terhadap perusahaan;
  4. Membuat dan mengelola event seperti pameran atau peluncuran produk baru;
  5. Memperbarui dan memonitor konten serta aktivitas pada platform media sosial dan website.

Terkait lokasi kerja, PR biasanya kerja dalam kantor meski untuk beberapa urusan seperti menghadiri pertemuan, pidato, atau press release, PR diharuskan keluar kantor dan sangat mungkin berpindah tempat.

Skill yang Dibutuhkan Public Relation

Dengan berbagai tugas public relation tersebut, baik individu atau tim yang tergabung harus memiliki beberapa kemampuan, terutama dalam aspek komunikasi publik. Soft skill merupakan jenis kemampuan yang lebih dibutuhkan dibanding hard skill. Paling tidak terdapat beberapa jenis skill yang dibutuhkan untuk menjadi PR yang handal.

  1. Jurnalistik dan penulisan: karena press release dan pidato merupakan bagian penting dari tugas humas, kemampuan menulis bagus merupakan keharusan penting.
  2. Komunikasi verbal: harus mampu menyajikan informasi secara meyakinkan ke publik, media, dan anggota internal perusahaan.
  3. Relasi media: media mampu menggiring opini publik sehingga bisa menciptakan sentimen positif dan negatif, itu sebabnya PR dituntut punya relasi yang bagus dengan media.
  4. Sponsor: kemampuan menggaet sponsor atau investor baru bisa menentukan laju perusahaan, dan pengetahuan ini penting dimiliki sesosok PR.
  5. Manajemen publik: perusahaan tak akan bisa tumbuh bersaing jika tak dilirik oleh publik, dan manajemen publik bisa mempermudah penetrasi bisnis ke berbagai segmen.
  6. Teknologi: platform online seperti media sosial dan website punya peran penting sebagai portal informasi perusahaan, dan pemahaman akan teknologi bisa mempermudah penyampaian.
  7. Interpersonal: berurusan dengan media dan publik memerlukan kemampuan interpersonal yang bagus agar tidak terjadi ketersinggungan antara internal perusahaan dan pihak luar.

Selain dari beberapa kemampuan tersebut, PR juga harus cakap dalam aspek karakter personal dan latar belakang akademis yang mendukung. Karakter personal bisa dikaitkan dengan percaya diri dan tahan banting, sementara aspek akademis bisa dilihat dari program studi yang diambil.

Tantangan Menjadi Public Relation

Ada banyak tantangan yang muncul baik sebelum dan selama menjadi PR. Sebelum menjadi PR, tantangan utama jelas terkait pengalaman yang dimiliki kandidat. Bukan tugas mudah mengelola semua tugas yang dibebankan pada PR, itu sebabnya pengalaman kandidat sering menjadi pertimbangan penting saat proses rekrutmen. Selain lebih paham tentang seluk beluk PR, kandidat berpengalaman juga lebih teruji tahan stress dan tekanan.

Sedangkan selama menjadi PR, pasti akan selalu ada waktu di mana terdapat satu sosok atau tim yang menilai buruk peran humas. Terlebih saat perusahaan mendapat sentimen negatif dari publik, humas adalah salah satu pihak pertama yang paling disalahkan. Biasanya publik khususnya para awak media akan melemparkan semua pertanyaan kepada PR ketika perusahaan sedang memiliki beberapa isu tertentu.

Kisaran Gaji Public Relation

Tugas tim humas tidak semudah yang dibayangkan. Dengan tanggung yang sedemikian besar, gaji public relation seharusnya ada di atas UMR.

Namun, bagi seorang staf PR yang baru pertama kali bekerja alias fresh graduate, gaji yang diberikan biasanya sesuai UMR. Dari berbagai referensi data yang ada, gaji public relation di Indonesia sangat variatif, berkisar antara Rp. 6,200,000 sampai dengan Rp. 9,000,000.

Besaran gaji di atas akan bergantung pada skala perusahaan yang ditangani. Untuk perusahaan besar dengan skala lebih luas, tugas PR juga menumpuk sehingga alokasi gajinya cenderung lebih tinggi.

Pada dasarnya, ada banyak faktor yang dijadikan pertimbangan untuk menentukan besaran gaji, termasuk pengalaman yang dimiliki kandidat. Tapi dengan tugas berat yang dibebankan, wajar jika gaji yang ditawarkan cukup sepadan. Bagaimana, tertarik berkarir sebagai public relation? sc/~/lvhr/

Digital Communication Marketing
Previous reading
8 Langkah Strategis Menggunakan Public Relations dan Press Release untuk Membangun Brand Anda dari Nol
Next reading
Pengertian Trust dan Macam-macam Contohnya
//
👋 Halo! Silakan bertanya kepada kami. Kami siap membantu Anda.
👋 Hi, Kami sedang online Biasanya membalas dalam beberapa menit