Menggunakan Big Data untuk Analisis Tren dalam Pembuatan Storytelling pada Advertorial

Big Data Advertorial Storytelling Image by pressfoto on Freepik

Jika sebelumnya kita pernah membahas tentang Big Data untuk menentukan strategi marketing (Memaksimalkan Strategi Pemasaran Digital dengan Big Data). Kali ini kita akan membahas tentang seperti apa cara pengaplikasian Big Data dalam membuat artikel advertorial. Salah satu aplikasi utama big data dalam pemasaran adalah analisis tren, yang membantu perusahaan tetap berada di depan projected trajectory dan membuat konten yang relevan dan menarik. Pertanyaannya adalah, Big Data itu bentuknya seperti apa dan bagaimana cara menganalisanya. Tentu saja 1 artikel tidak akan cukup untuk menjelaskannya. Kami akan berusaha untuk memberikan gambaran yang lebih konkret tentang bagaimana sebenarnya proses ini dilakukan secara singkat.

Contoh Data Big Data untuk Analisis Tren

Berikut adalah contoh data yang dapat digunakan untuk analisis tren dalam konteks pembuatan advertorial. Data ini mencakup berbagai sumber dan metrik yang relevan.

1. Data Media Sosial

Tanggal Hashtag Jumlah Postingan Sentimen Positif (%) Sentimen Negatif (%)
01/05/2024 #ProdukA 1200 70 30
02/05/2024 #ProdukB 950 65 35
03/05/2024 #ProdukA 1500 72 28
04/05/2024 #ProdukC 800 80 20
05/05/2024 #ProdukA 1700 75 25

2. Data Pencarian Internet (Google Trends)

Tanggal Kata Kunci Volume Pencarian Lokasi Teratas
01/05/2024 Produk A 15000 Jakarta, Bandung
02/05/2024 Produk B 12000 Surabaya, Yogyakarta
03/05/2024 Produk A 18000 Jakarta, Surabaya
04/05/2024 Produk C 9000 Bandung, Bali
05/05/2024 Produk A 20000 Jakarta, Medan

3. Data Penjualan

Tanggal Produk Jumlah Penjualan Wilayah
01/05/2024 Produk A 500 Jakarta
02/05/2024 Produk B 400 Surabaya
03/05/2024 Produk A 600 Bandung
04/05/2024 Produk C 300 Bali
05/05/2024 Produk A 700 Jakarta

4. Data Sentimen Pelanggan

Produk Review Positif (%) Review Negatif (%) Rata-rata Rating
Produk A 80 20 4.5
Produk B 70 30 4.0
Produk C 85 15 4.7

Analisis Data untuk Pembuatan Storytelling dalam Advertorial

Identifikasi Tren yang Muncul

Berdasarkan data di atas, kita bisa melihat bahwa Produk A menunjukkan tren yang sangat positif di berbagai metrik:

  • Jumlah Postingan di Media Sosial: Produk A memiliki jumlah postingan yang tinggi dan tren meningkat setiap hari.
  • Sentimen Positif: Sentimen positif untuk Produk A konsisten di atas 70%.
  • Volume Pencarian Internet: Produk A memiliki volume pencarian tertinggi, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung.
  • Jumlah Penjualan: Produk A memiliki jumlah penjualan tertinggi dibandingkan produk lainnya.
  • Review Pelanggan: Produk A memiliki persentase review positif yang tinggi dan rata-rata rating 4.5.

Mengembangkan Narasi yang Relevan

Dari data tersebut, kita dapat mengembangkan narasi yang relevan untuk advertorial dengan fokus pada keunggulan dan popularitas Produk A. Berikut adalah contoh narasi yang dapat dikembangkan:

Judul: “Mengapa Produk A Menjadi Pilihan Utama Konsumen di Indonesia”

Pendahuluan: Produk A telah mendapatkan perhatian besar dari konsumen di seluruh Indonesia. Dengan meningkatnya jumlah pencarian dan review positif, Produk A telah membuktikan dirinya sebagai produk unggulan yang tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumen tetapi juga melebihi ekspektasi.

Isi:

    1. Peningkatan Popularitas di Media Sosial
      • Data menunjukkan bahwa jumlah postingan dengan hashtag #ProdukA terus meningkat setiap hari. Dengan sentimen positif yang tinggi, konsumen membagikan pengalaman mereka yang memuaskan menggunakan Produk A.
    2. Keunggulan Produk Berdasarkan Review Pelanggan
      • Dengan 80% review positif dan rata-rata rating 4.5, Produk A telah mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Banyak pengguna memuji kualitas dan efektivitas produk ini dalam memenuhi kebutuhan mereka.
    3. Volume Pencarian yang Tinggi
      • Berdasarkan data Google Trends, Produk A memiliki volume pencarian yang sangat tinggi di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Ini menunjukkan minat yang besar dari konsumen terhadap produk ini.
    4. Penjualan yang Konsisten Tinggi
      • Data penjualan menunjukkan bahwa Produk A selalu menjadi pilihan utama konsumen, dengan penjualan yang meningkat secara konsisten setiap harinya.

Kesimpulan: Dengan data dan fakta yang mendukung, tidak mengherankan jika Produk A menjadi pilihan utama konsumen di Indonesia. Advertorial ini tidak hanya menyoroti keunggulan Produk A tetapi juga memberikan bukti konkret dari data big data yang mendukung klaim tersebut.

Yang kami sajikan diatas adalah draft atau struktur awal yang akan menjadi fondasi awal polesan artikel selanjutnya menjadi seperti ini:

Judul: “Mengapa Produk A Menjadi Pilihan Utama Konsumen di Indonesia”

Pendahuluan: Produk A telah mendapatkan perhatian besar dari konsumen di seluruh Indonesia. Dengan meningkatnya jumlah pencarian dan review positif, Produk A telah membuktikan dirinya sebagai produk unggulan yang tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumen tetapi juga melebihi ekspektasi.

Isi:

  1. Peningkatan Popularitas di Media Sosial
    • Data: Jumlah postingan dengan hashtag #ProdukA terus meningkat setiap hari.
    • Analisis: Konsumen membagikan pengalaman mereka yang memuaskan menggunakan Produk A, yang terlihat dari sentimen positif sebesar 70-75%.
    • Contoh Narasi: “Dalam beberapa bulan terakhir, #ProdukA telah menjadi topik hangat di media sosial. Ribuan konsumen berbagi cerita tentang bagaimana Produk A telah mengubah hidup mereka, dengan sentimen positif mencapai 75%.”
  2. Keunggulan Produk Berdasarkan Review Pelanggan
    • Data: 80% review positif dengan rata-rata rating 4.5.
    • Analisis: Konsumen memuji kualitas dan efektivitas Produk A dalam memenuhi kebutuhan mereka.
    • Contoh Narasi: “Produk A telah mendapatkan review positif dari 80% penggunanya. Dengan rata-rata rating 4.5, banyak konsumen yang memuji kualitas dan keandalan produk ini.”
  3. Volume Pencarian yang Tinggi
    • Data: Volume pencarian tinggi untuk Produk A di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung.
    • Analisis: Menunjukkan minat yang besar dari konsumen terhadap produk ini.
    • Contoh Narasi: “Menurut data Google Trends, pencarian untuk Produk A melonjak drastis di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Ini menandakan minat yang kuat dari konsumen yang ingin tahu lebih banyak tentang produk ini.”
  4. Penjualan yang Konsisten Tinggi
    • Data: Jumlah penjualan yang meningkat setiap harinya.
    • Analisis: Produk A selalu menjadi pilihan utama konsumen.
    • Contoh Narasi: “Data penjualan menunjukkan bahwa Produk A selalu menjadi pilihan utama konsumen. Penjualan yang meningkat secara konsisten setiap hari mencerminkan kepercayaan dan kepuasan konsumen terhadap produk ini.”

Kesimpulan: Dengan data dan fakta yang mendukung, tidak mengherankan jika Produk A menjadi pilihan utama konsumen di Indonesia. Advertorial ini tidak hanya menyoroti keunggulan Produk A tetapi juga memberikan bukti konkret dari data big data yang mendukung klaim tersebut.

Dari struktur yang sudah lebih di poles lebih lanjut, beginilah hasil akhir dari artikel advertorial yang sial rilis:

Kepopuleran Produk A: Menjaring Kepuasan Konsumen Seringing Dengan Waktu

Di dunia yang penuh pilihan, baik dalam hidup maupun ketika kita mencari produk yang sesuai dengan kebutuhan kita. Satu produk telah merebut hati dan pikiran konsumen Indonesia – Produk A. Produk A dirilis secara organik dan tanpa inisiatif marketing yang besar, namun kepopuleran Produk A terbangun secara natural dari mulut ke mulut. Setiap pengalaman para konsumen yang membeli dan mencoba Produk A secara langsung masing-masing membawa kisah unik untuk dibagikan. Mari kita simak perjalanan yang membuat Produk A menjadi salah satu produk yang memiliki kepopuleran yang terus meningkat.

Kekuatan Gethok Tular (Word-of-Mouth) Di jaman dimana kepopuleran suatu produk ataupun pengalaman dapat menyebar dengan luas di media sosial, gethok tular men jadi salah satu cara yang efektif untuk menyebarkan pengalaman, kekecewaan dan kepuasan lebih cepat. Tagar seperti #ProdukAMengubahHidupku telah menjadi hal biasa,  membangun rasa penasaran dan jumlah “share” di media sosial. Salah satu pengguna media sosial, Andi, seorang pengguna Instagram yang aktif, adalah salah satu pengguna Produk A yang mempopulerkan pengalamannya sebagai pengguna organik Produk A dengan menyatakan, “Produk A benar-benar mengubah rutinitas harianku! Integrasinya sangat mulus.”

Stempel Persetujuan ketika kita berbicara tentang bagaimana suatu produk dapat populer di jaman ini adalah ketika stempel persetujuan tersebut datang dari para influenser. Para influenser ini, baik besar maupun kecil, dengan mata jeli dan follower mereka, telah mendongkrak kepopuleran Produk A, membanjiri timeline dan feed para mengguna media sosial. Pengalaman pribadi dan antusiasme mereka telah mengangkat popularitas Produk A dimata para audiens mereka. Hal ini meningkatkan kredibilitas dan menumbuhkan kepercayaan pada produk luar biasa ini.

Ulasan Pelanggan yang positif tidak bisa berbohong, dan statistik berbicara banyak tentang keunggulan Produk A. Dengan rating 4,5 dari 5 dan 80% ulasan positif di berbagai platform e-commerce di Indonesia, telah menarik minat para calon pelanggan telah menjadi pendukung terdepan produk ini. Budi, seorang pelanggan setia, merangkum sentimen ini dengan sempurna: “Saya tidak bisa membayangkan hidup tanpa Produk A. Ini adalah hal terbaik yang pernah saya gunakan.”

Menurut data yang dilansir dari Google Trends, lonjakan minat terjadi terhadap Produk A dengan lonjakan rata-rata sebesar 15% dalam 3 bulan terakhir, utamanya terjadi di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta dan Bandung. Lonjakan rasa ingin tahu ini merupakan bukti daya tarik produk, didorong oleh keinginan konsumen untuk secara langsung merasakan pengalaman positif yang dirasakan pengguna Produk A secara langsung.

Namun, bukti paling meyakinkan dari kesuksesan Produk A terletak pada performa penjualan yang terus meningkat secara konsisten. Bulan demi bulan, angka terus memuncak, mencerminkan tingkat kepercayaan dan kepuasan yang terus bertambah dari konsumen Indonesia. Menggembirakan bahwa di ibu kota Jakarta sendiri, penjualan melonjak 20% dalam sebulan terakhir.

Rahasia Sukses dari Produk A adalah Kualitas dan Inovasi. Di balik layar, komitmen terhadap kualitas dan inovasi terus-menerus telah menjadi pegangan utama produsen yang mengantarkan Produk A menuju puncak popularitas. Brand Image yang kuat untuk terus berinovasi memastikan bahwa produk ini tetap relevan, selalu dapat melampaui ekspektasi pelanggan baru maupun lama.

Kesuksesan Produk A adalah bukti nyata akan imbalan dari konsistensi dalam memberikan kualitas tinggi dan pengalaman yang memuaskan. Dengan fondasi yang kuat pada antusiasme organik pengguna, Produk A berada di jalur untuk menjadi pemain utama dalam industri.

Jadi jangan ketinggalan! Jika Anda penasaran untuk merasakan manfaatnya sendiri, kunjungi www.produkA.com sekarang dan gunakan kode promo “PRODUKA20” untuk diskon eksklusif. Bergabunglah dengan ribuan konsumen lain yang telah merasakan bagaimana Produk A dapat mentransformasi kehidupan sehari-hari Anda.

 

Memulai Layanan dengan Kami

Demikian pembahasan kali ini tentang cara kami di GKI khususnya menggunakan Big Data untuk membuat artikel advertorial yang memiliki aspek storytelling yang ditargetkan untuk “ngena” ke target audiens kami. Untuk mendapatkan layanan personal, hubungi kami untuk konsultasi. Kami akan menggali kebutuhan spesifik Anda dan menyesuaikan layanan kami untuk memberikan hasil terbaik.

Jangan tunda kesempatan untuk meningkatkan presence media dan kredibilitas bisnis Anda. Hubungi GKI hari ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang Layanan Press Rilis dan Jasa Advertorial kami. Kunjungi www.gki.co.id atau hubungi kami via Whatsapp disini.

GKI ada untuk memastikan pesan Anda tersampaikan dengan efektif. Bersama GKI, publikasikan pesan anda ke audiens yang tepat. Mari berinvestasi dalam Layanan Press Rilis dan Jasa Advertorial kami, mari melangkah bersama menuju eksposur yang lebih besar dan tingkat kesuksesan jangka panjang.

Dengan Layanan Press Rilis dan Jasa Advertorial dari GKI, Anda tidak hanya menyampaikan cerita; Anda membangun masa depan brand Anda. Bergabunglah dengan banyak klien kami yang telah melihat transformasi nyata dalam peningkatan dan engagement brand mereka.

Baca juga:

  1. Cara Membangun Cerita dalam Advertorial
  2. Storytelling dalam Pemasaran: Menggunakan Cerita untuk Meningkatkan Engagement
Marketing Digital Marketing
Previous reading
Press Release Dibuat Menggunakan Big Data?
Next reading
Cara Membangun Cerita dalam Advertorial
//
👋 Halo! Silakan bertanya kepada kami. Kami siap membantu Anda.
👋 Hi, Kami sedang online Biasanya membalas dalam beberapa menit