Press Release Dibuat Menggunakan Big Data?

Pembuatan press release berbasis big data tidak hanya memungkinkan kohesi yang kuat dengan advertorial, tetapi juga memastikan pesan yang konsisten dan efektif dalam strategi komunikasi pemasaran.

Press Release Kohesi Big Data Image by freepik

Pembuatan Press Release berdasarkan Big Data – Pada artikel sebelumnya kita menggunakan Big Data untuk membuat suatu narasi yang akhirnya diterjemahkan ke dalam bentuk advertorial ( Menggunakan Big Data untuk Analisis Tren dalam Pembuatan Storytelling pada Advertorial ). Bagaimana dengan Press Release? Apakah dapat dibuat dengan cara yang sama? Jawabannya tentu bisa, dan cara ini dapat memastikan kohesi yang jelas diantara keduanya, sehingga ada kesinambungan narasi untuk menjamin konsistensi dari pesan yang ingin disampaikan walaupun memang target dari artikel advertorial maupun press release tentu saja berbeda.

Lantas bagaimana bentuk press releasenya? Mari kita simak contoh dibawah

Tanggal:

15 Mei 2024


Isi Press Release:

Jakarta, 15 Mei 2024 – Produk A, produk unggulan yang dirilis tanpa inisiatif marketing besar, telah mencapai kepopuleran yang luar biasa di Indonesia. Kepopuleran Produk A terbangun secara natural melalui word-of-mouth dan ulasan positif dari konsumen yang puas. Dalam beberapa bulan terakhir, Produk A telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan baik dalam hal pencarian online maupun penjualan.


Kekuatan Gethok Tular (Word-of-Mouth)

Di zaman dimana kepopuleran suatu produk dapat menyebar luas di media sosial, gethok tular menjadi salah satu cara efektif untuk menyebarkan pengalaman, baik kekecewaan maupun kepuasan, lebih cepat. Tagar seperti #ProdukAMengubahHidupku telah menyebar luas di media sosial, meningkatkan rasa penasaran dan jumlah share di platform-platform tersebut. Pengguna Instagram yang aktif, seperti Andi, berbagi pengalamannya dengan mengatakan, “Produk A benar-benar mengubah rutinitas harianku! Integrasinya sangat mulus.”

Dukungan dari Influencer

Para influencer, baik besar maupun kecil, telah memainkan peran penting dalam mendongkrak kepopuleran Produk A. Pengalaman pribadi mereka dengan produk ini, yang dibagikan melalui timeline dan feed media sosial, telah meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan audiens terhadap Produk A.

Ulasan Pelanggan yang Positif

Ulasan pelanggan yang positif tidak bisa berbohong, dan statistik berbicara banyak tentang keunggulan Produk A. Dengan rating 4,5 dari 5 dan 80% ulasan positif di berbagai platform e-commerce di Indonesia, Produk A telah menarik minat banyak calon pelanggan. Budi, seorang pelanggan setia, merangkum sentimen ini dengan sempurna: “Saya tidak bisa membayangkan hidup tanpa Produk A. Ini adalah hal terbaik yang pernah saya gunakan.”

Lonjakan Pencarian Online

Menurut data dari Google Trends, minat terhadap Produk A telah melonjak sebesar 15% dalam tiga bulan terakhir, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Lonjakan rasa ingin tahu ini merupakan bukti daya tarik produk, didorong oleh keinginan konsumen untuk merasakan langsung pengalaman positif yang dialami pengguna Produk A.

Penjualan yang Meningkat

Data penjualan menunjukkan bahwa Produk A telah menjadi pilihan utama konsumen di Indonesia. Penjualan terus meningkat setiap bulan, dengan lonjakan 20% di Jakarta dalam sebulan terakhir. Hal ini mencerminkan tingkat kepercayaan dan kepuasan yang terus bertambah dari konsumen.

Komitmen terhadap Kualitas dan Inovasi

Keberhasilan Produk A tidak lepas dari komitmen produsen terhadap kualitas dan inovasi terus-menerus. Dengan fokus pada menjaga kualitas tinggi dan terus berinovasi, Produk A mampu memenuhi dan melampaui ekspektasi konsumen baru maupun lama.

Tentang Produk A: Produk A adalah produk inovatif yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen modern. Dengan kualitas tinggi dan desain yang user-friendly, Produk A telah menjadi pilihan utama di pasar Indonesia.

Untuk Informasi Lebih Lanjut, Hubungi: Nama Kontak: [Nama Kontak]
Email: [Email Kontak]
Telepon: [Nomor Telepon]
Website: www.produkA.com

Menggunakan Pola Advertorial untuk Press Release: Storytelling dan Kohesi Diantara Keduanya

Kita akan menjelaskan bagaimana setiap bagian dari press release yang telah dibuat sebelumnya menggunakan pola storytelling yang mirip dengan advertorial, serta bagaimana memastikan ada kohesi antara keduanya.

1. Pendahuluan

Advertorial: Di dunia yang penuh pilihan, satu produk telah merebut hati dan pikiran konsumen Indonesia – Produk A.

Press Release: Produk A, produk unggulan yang dirilis tanpa inisiatif marketing besar, telah mencapai kepopuleran yang luar biasa di Indonesia.

Analisis: Pendahuluan pada keduanya berfungsi untuk menarik perhatian pembaca dengan menyatakan bahwa Produk A telah mencapai kesuksesan besar. Ini menciptakan rasa penasaran dan menetapkan panggung untuk informasi lebih lanjut.

2. Kekuatan Gethok Tular (Word-of-Mouth)

Advertorial: Di zaman dimana kepopuleran suatu produk dapat menyebar luas di media sosial, gethok tular menjadi salah satu cara efektif untuk menyebarkan pengalaman.

Press Release: Di zaman dimana kepopuleran suatu produk dapat menyebar luas di media sosial, gethok tular menjadi salah satu cara efektif untuk menyebarkan pengalaman, baik kekecewaan maupun kepuasan, lebih cepat.

Analisis: Keduanya menekankan pentingnya word-of-mouth dalam mempengaruhi popularitas Produk A. Mereka menunjukkan bagaimana interaksi organik di media sosial dapat mendorong kesuksesan produk, menciptakan narasi yang konsisten.

3. Dukungan dari Influencer

Advertorial: Para influencer, baik besar maupun kecil, telah memainkan peran penting dalam mendongkrak kepopuleran Produk A.

Press Release: Para influencer, baik besar maupun kecil, telah memainkan peran penting dalam mendongkrak kepopuleran Produk A.

Analisis: Bagian ini menunjukkan bagaimana influencer membantu meningkatkan kredibilitas Produk A. Menggunakan cerita dari advertorial dan memperkuatnya di press release menciptakan konsistensi pesan bahwa dukungan influencer sangat berharga.

4. Ulasan Pelanggan yang Positif

Advertorial: Ulasan pelanggan yang positif tidak bisa berbohong, dan statistik berbicara banyak tentang keunggulan Produk A.

Press Release: Ulasan pelanggan yang positif tidak bisa berbohong, dan statistik berbicara banyak tentang keunggulan Produk A.

Analisis: Menggunakan ulasan dan statistik yang sama dalam keduanya menambahkan kredibilitas dan mendukung klaim tentang kualitas dan kepuasan konsumen yang tinggi. Ini menunjukkan bahwa produk tidak hanya populer tetapi juga diakui kualitasnya.

5. Lonjakan Pencarian Online

Advertorial: Menurut data dari Google Trends, minat terhadap Produk A telah melonjak sebesar 15% dalam tiga bulan terakhir.

Press Release: Menurut data dari Google Trends, minat terhadap Produk A telah melonjak sebesar 15% dalam tiga bulan terakhir, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung.

Analisis: Memasukkan data yang sama dalam kedua dokumen menyoroti bahwa Produk A semakin dicari oleh konsumen. Ini memperkuat narasi bahwa produk ini sedang naik daun dan mendapatkan perhatian lebih luas.

6. Penjualan yang Meningkat

Advertorial: Penjualan yang meningkat setiap bulan mencerminkan tingkat kepercayaan dan kepuasan yang terus bertambah dari konsumen Indonesia.

Press Release: Penjualan terus meningkat setiap bulan, dengan lonjakan 20% di Jakarta dalam sebulan terakhir.

Analisis: Bagian ini memberikan bukti konkret dari kesuksesan Produk A. Menunjukkan angka penjualan yang meningkat dalam kedua dokumen memperkuat kepercayaan pada produk dan menunjukkan keberhasilan strategi pemasaran.

7. Komitmen terhadap Kualitas dan Inovasi

Advertorial: Komitmen terhadap kualitas dan inovasi terus-menerus telah menjadi pegangan utama produsen yang mengantarkan Produk A menuju puncak popularitas.

Press Release: Keberhasilan Produk A tidak lepas dari komitmen produsen terhadap kualitas dan inovasi terus-menerus.

Analisis: Menekankan kualitas dan inovasi dalam kedua dokumen menunjukkan bahwa kesuksesan Produk A tidak hanya hasil dari promosi tetapi juga dari produk yang benar-benar berkualitas tinggi. Ini membantu membangun brand image yang kuat dan terpercaya.

Kesimpulan

Menggunakan pola storytelling yang sama dalam advertorial dan press release membantu menciptakan narasi yang kohesif dan konsisten. Hal ini memperkuat pesan yang ingin disampaikan dan memastikan bahwa audiens mendapatkan informasi yang sejalan dari berbagai sumber. Dengan cara ini, baik advertorial maupun press release dapat saling mendukung dalam mempromosikan Produk A secara efektif.

Memulai Layanan dengan Kami

Demikian pembahasan kali ini tentang cara kami di GKI khususnya menggunakan Big Data untuk membuat artikel press release yang memiliki aspek storytelling yang ditargetkan untuk “ngena” ke target audiens kami. Dalam kesempatan ini kami menggunakan data yang sama yang disajikan di artikel sebelumnya untuk membuat advertorial dan bagaimana kami di GKI menggunakan data dan storytelling yang sama untuk membuat artikel press release. Untuk mendapatkan layanan personal, hubungi kami untuk konsultasi. Kami akan menggali kebutuhan spesifik Anda dan menyesuaikan layanan kami untuk memberikan hasil terbaik.

Jangan tunda kesempatan untuk meningkatkan presence media dan kredibilitas bisnis Anda. Hubungi GKI hari ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang Layanan Press Rilis dan Jasa Advertorial kami. Kunjungi www.gki.co.id atau hubungi kami via Whatsapp disini.

GKI ada untuk memastikan pesan Anda tersampaikan dengan efektif. Bersama GKI, publikasikan pesan anda ke audiens yang tepat. Mari berinvestasi dalam Layanan Press Rilis dan Jasa Advertorial kami, mari melangkah bersama menuju eksposur yang lebih besar dan tingkat kesuksesan jangka panjang.

Dengan Layanan Press Rilis dan Jasa Advertorial dari GKI, Anda tidak hanya menyampaikan cerita; Anda membangun masa depan brand Anda. Bergabunglah dengan banyak klien kami yang telah melihat transformasi nyata dalam peningkatan dan engagement brand mereka.

Baca juga:

  1. Cara Membangun Cerita dalam Advertorial
  2. Storytelling dalam Pemasaran: Menggunakan Cerita untuk Meningkatkan Engagement
  3. Menggunakan Big Data untuk Analisis Tren dalam Pembuatan Storytelling pada Advertorial
Digital Communication
Previous reading
Mengapa Kohesi antara Advertorial dan Press Release Penting
Next reading
Menggunakan Big Data untuk Analisis Tren dalam Pembuatan Storytelling pada Advertorial
//
👋 Halo! Silakan bertanya kepada kami. Kami siap membantu Anda.
👋 Hi, Kami sedang online Biasanya membalas dalam beberapa menit